
UMUR SANG PENANTANG
Dalam pembicaraan pemasaran, merek penantang adalah kode untuk sebuah "merek kecil." Sebuah merek penantang adalah salah satu yang dimaksudkan untuk menjadi cepat, fleksibel dan inovatif dalam komunikasi tersebut. Tapi dalam pandangan kami, kata "penantang" bukannya harus ringan tangan untuk "memunculkan pemimpin."
Kemunculan pemimpin penantang berstatus quo, mereka menantang diri mereka sendiri dan mereka berhubungan dengan orang lain yang memiliki ide yang sama (orang-orang yang membutuhkan seorang pemimpin untuk menunjukkan apa yang harus dilakukan dan menginspirasi mereka). Pemimpin pasar menginginkan tetap berstatus quo, tetap hanya itu. Mereka ingin berbicara dan didengarkan di seluruh pasar. Tidak, terima kasih atas diskusinya. Penantang menyadari bahwa, dalam rangka menciptakan sebuah gerakan perlu ada sistem di tempat untuk semua orang di suku itu untuk didengar, dan mereka berkomitmen untuk memimpin suku tersebut dengan segala yang mereka miliki.
Iklan tradisional bukan tentang interaksi dengan setiap individu. Hal ini didominasi oleh sebuah percakapan satu arah ke khalayak massa. Tapi tak ada yang suka dipaksa untuk membuat keputusan. Ini sebabnya model iklan tradisional mulai gagal. Hal ini bergantung pada media massa, dan media ini sendiri sedang berubah melalui jaringan sosial.
Apa yang Bisa Jaringan Sosial Lakukan untuk Merek Anda?
Semua ini mungkin terdengar sedikit menakutkan bagi manajer merek. Memang benar bahwa hal itu membutuhkan waktu dan usaha untuk membangun sebuah komunitas. Dan harus benar-benar efektif, Anda harus mematuhi beberapa aturan. Meskipun demikian, itu bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Dibutuhkan waktu dan sumber daya yang lebih jauh lagi untuk membangun basis penggemar dengan periklanan tradisional. Bersikap jujur, dapat membantu dan memberikan kontribusi kepada masyarakat dan Anda akan mendapatkan pendukung dengan cepat.
Jaringan sosial lebih jauh daripada memiliki profil Facebook. Ini adalah platform yang memberikan pengguna akhir kemampuan untuk berkontribusi. Banyak perusahaan telah menyadari bahwa mengembangkan platform media sosial internal dapat membantu dalam komunikasi, tetapi belum mengetahui bagaimana dapat membantu membentuk kepribadian merek mereka.
Sebuah strategi media sosial yang baik menerima bahwa Anda tidak dapat melakukan semuanya sekaligus. Sebuah perusahaan dapat menggunakan platform sosial untuk melakukan layanan pelanggan, untuk menghubungkan langsung dengan pelanggan (dengan demikian merek ber-perikemanusiaan), untuk mendapatkan informasi demografis pada individu untuk meningkatkan efektivitas pemasaran langsung atau untuk memanfaatkan massa sumber daya kognitif surplus untuk menghasilkan ide-ide baru .
Anda tidak dapat melakukan segalanya dengan media sosial, tetapi sepanjang Anda berfokus Anda akan dapat melakukan lebih banyak dari apa yang Anda harapkan.
DIMANA MEMULAINYA?
Dalam bulan-bulan mendatang, banyak perusahaan akan mencoba untuk memasarkan melalui jaringan sosial dan banyak yang akan gagal. Ada, tentu saja, cara dramatis untuk membangunnya adalah peluang sukses, paling tidak adalah memastikan Anda menyewa sebuah perusahaan yang mengetahui ruang baik. Pastikan Anda mengetahui hal-hal yang secara fundamental akan membantu bergerak bersama dengan cepat.
Hal pertama yang harus diputuskan oleh setiap perusahaan yang berpindah ke jaringan sosial adalah tujuan secara keseluruhan. Mengetahui apa yang ingin Anda capai dan mengapa Anda melakukannya mungkin tampak jelas, tetapi adalah sesuatu yang mudah dilupakan jika Anda bergegas ke proyek terlalu cepat.
Seperti halnya aktivitas pemasaran yang baik, Anda perlu tahu bagaimana pelanggan Anda berpikir dan bertindak. Tidak seperti iklan tradisional, pemasaran online sangat kaya data. Hal ini dimungkinkan untuk tahu persis apa yang pelanggan Anda lihat, berapa lama mereka menghabiskan melakukannya dan yang mereka kemudian berbicara tentang pengalaman. Pastikan Anda tahu sebanyak mungkin informasi ini seperti yang mungkin sebelum Anda mengembangkan strategi lebih lanjut.
Dari sana, memutuskan saluran apa yang ingin Anda ingin manfaatkan menjadi pilihan yang sangat penting. Anda harus tahu di mana target pasar Anda dengan tahap ini, sehingga memutuskan apakah Facebook, Twitter, atau platform lain harus benar-benar mudah. Memutuskan untuk membuat platform sendiri adalah langkah besar tetapi dapat sangat bermanfaat jika dilakukan dengan benar. Sekali lagi, pastikan Anda memperoleh nasihat yang baik dan strategi yang solid dan tidak hanya berasumsi bahwa jika Anda membuat sesuatu itu akan terbiasa.
Pengukuran adalah penting dalam semua bidang bisnis dan tidak terkecuali bagi jaringan sosial. Mengembangkan metode metrik yang baik harus menjadi prioritas awal. Ingat bahwa adalah mungkin untuk mengukur segala sesuatu tetapi tidak semua informasi memiliki nilai. Mengetahui apa yang Anda lihat adalah penting. Jika Anda menyewa sebuah perusahaan pemasaran untuk membangun kampanye jaringan sosial Anda, masuk akal untuk memiliki bagian dari pembayaran terkait dengan kinerja kampanye tersebut. Jika Anda sedang membangun jaringan untuk mendapatkan staf berbicara satu sama lain dan pelanggan Anda, kualitas konten akan turun jika Anda menetapkan KPI untuk "penggunaan platform" saja.
Yang paling penting, membuat semua orang yang terlibat yakin dengan apa yang Anda suarakan. Hal tersebut adalah bijaksana untuk mengembangkan kebijakan sekitar penggunaan jaringan sosial, tetapi jika kebijakan yang terlalu ketat, Anda akan kehilangan dukungan. Ini adalah tentang orang-orang. Pelajari bahwa tidak masalah untuk melepaskan kontrol dari pesan pemasaran Anda dan menjadi bagian dari percakapan. Bersikaplah jujur, objektif dan terlibat. Dan tidak meninggalkan komunitas Anda. Anda telah berjanji kepada orang-orang untuk mendengarkan mereka. Jika Anda berhenti berpartisipasi, mereka akan meninggalkan Anda dalam sekejap.
MULAILAH DARI SEKARANG
Tidak ada waktu yang lebih baik untuk memulai mengembangkan strategi media social marketing. Semua segmen pasar menghabiskan lebih banyak waktu di jaringan sosial (waktu yang dihabiskan di Facebook meningkat lebih dari 500 persen pada tahun Desember '07 hingga Desember '08), dan saat ini penurunan ekonomi mungkin bijaksana untuk menarik pelanggan baru lebih jauh lagi. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, setiap perusahaan akan memiliki kebijakan jaringan sosial, sehingga mendapatkan pada awalnya akan memberikan keuntungan.
Pemasaran di jaringan sosial bukan ilmu roket. Ini mungkin melibatkan teknologi, tapi pada intinya, itu adalah apa yang peradaban manusia bangun di atasnya. Jika Anda dapat menyimpan percakapan, Anda bisa memasarkan di media sosial. Jadi, dapatkan nasihat yang baik dan bisa bergerak. Dunia berubah dan penantang akan keluar di atasnya. Mereka akan menciptakan gerakan dan suku memimpin. Mereka akan berinteraksi dan tidak takut perubahan. Mereka akan tahu bagaimana mendengarkan dan menyadari kekuatan terbesar mereka adalah untuk memberdayakan pelanggan mereka.
Jika Anda memahami bahwa jaringan ini semuanya telah dibangun karena itulah yang diinginkan pelanggan Anda, kemudian penantang Anda, pemimpin, dan bisa juga Anda sendiri.
1 comments:
kata teman aku kalo situs social networking sangat membantu dalam hal meraih kepercayaan calon customer sebelum mreka mau membeli barang yg kita jual secara online.
bagi link satu ya bos, thx.
KS
Post a Comment
Tinggalkanlah komentar menarik Anda di blog ini, Jika Anda merasa artikel pembelajaran ini merupakan jawaban dari permasalahan Anda :D (Please, don't SPAM comment!)