Blog Pembelajaran Internet Marketing dan Entrepreneurship

Wednesday, September 7, 2011

Mana yang Lebih Berharga: Like atau Click?

Wednesday, September 7, 2011

Do you like this story and want to share with your friends?

Belajar dari Facebook, banyak orang saat ini yang sudah mengenal dan bahkan mengerti tentang seluk beluk internet yang begitu luas cakupannya. Dari Facebook mereka juga telah mengenal bisnis online dan juga strategi marketing online yang bisa dikatakan sebagai trend marketing saat ini. Ada sebuah hal menarik berkaitan dengan Facebook itu sendiri, yaitu tombol "Like". Sejauh mana peranan tombol "Like" itu sendiri bagi para marketing dan pemilik bisnis? Lalu mana yang lebih berharga antara "Like" (Suka) itu sendiri dibandingkan dengan "Click" (Klik) pada sebuah iklan di Facebook?

Manfaat Ganda dari iklan Facebook

Facebook telah meningkat menjadi sebuah saluran iklan penting untuk alasan yang mencakup:
  • basis pengguna yang besar,
  • jumlah yang luar biasa dari data yang tersedia tentang pengguna,
  • dan pilihan penargetan yang impresif (dan terus berkembang).
Blog Pembelajaran Internet Marketing dan Entrepreneurship

Facebook advertising (Iklan Facebook) bisa mengarah ke konversi serta Like yang lebih banyak, yang dapat memberikan hubungan jangka panjang yang lebih dengan pelanggan potensial - sebuah hubungan langsung ke News Feed mereka.

SocialCode telah merilis beberapa data penelitian yang menunjukkan sebuah tren di usia dan gender (jenis kelamin) untuk Like dan rasio clickthrough (klik per tayang) untuk iklan Facebook.

Sebuah pernyataan dari GM SocialCode, Laura O'Shaughnessy, yang kami kutip dari WebProNews mengatakan bahwa, "Pengguna yang lebih muda tumbuh di web, dan nyaman dengan seluk-beluk jaringan sosial. Oleh karena itu, saya pikir mereka lebih cenderung untuk mengklik tombol Like. Mereka tahu apa arti tombol itu dan tahu persis apa yang dilakukannya, sehingga mereka cenderung untuk mengklik (Click), apakah itu di iklan atau di tempat lain."

"Kami menemukan bahwa pengguna yang lebih tua sangat mungkin untuk berinteraksi dengan iklan di Facebook, tetapi mereka cenderung untuk mengklik dan belajar lebih banyak tentang penawaran yang tersedia sebelum mengklik tombol Like," tambahnya. "Kami juga berasumsi bahwa karena pengguna yang lebih tua juga subset terbaru untuk bergabung dengan jaringan sosial, mereka mungkin tidak memiliki banyak teman sehingga iklan mungkin cenderung kurang untuk mereka Like untuk konteks sosial dalam iklan."

Berikut adalah beberapa highlight dari penelitian tersebut:
  • Pengguna berumur 50+ tahun, segmen tertua dalam penelitian ini, adalah 28,2% lebih mungkin untuk mengklik dan 9% lebih rendah untuk "Like" dari pengguna berumur 18-29 tahun, kelompok termuda yang diamati.

  • Dibandingkan dengan sisa populasi termuda di Facebook, pengguna berumur 50+ tahun melihat 22,6% CTR (Click-Through Rate) lebih tinggi dan 8,4% lebih rendah dalam tingkat "Like".

  • Secara keseluruhan, 11% dari wanita lebih mungkin untuk mengklik iklan di Facebook.

  • Tingkatan "Like" hampir bahkan untuk pria dan wanita, pria sebenarnya memiliki persentase 2,2% lebih mungkin untuk "Like" iklan di Facebook daripada wanita.

  • Bagi perempuan, CTR adalah 31,2% lebih tinggi untuk kelompok usia 50+ tahun dibandingkan usia 18-29 tahun, pria hanya melihat 16,2% perbedaan diantara kelompok usia.

  • Dibandingkan dengan semua kelompok usia, CTR perempuan usia 50+ tahun adalah 22% lebih tinggi dibandingkan 16,4% perbedaan untuk laki-laki.

  • Segmen laki-laki tertua memiliki 11,7% lebih rendah dalam tingkatan "Like" dari segmen termuda, dan 9,5% lebih rendah dalam tingkatan "Like" dibandingkan semua kelompok umur. Perempuan hanya melihat 7,2% dan 7,9% masing-masing perbedaan.
Jadi, Mana yang Lebih Berharga: Like atau Click?

Kami berlari melintasi sebuah postingan menarik dari situs luar negeri bernama The National Healthcare Decisions Day dari awal tahun ini, dalam organisasi yang mengatakan tentang nilai dari sebuah Facebook "Like". Sepertinya kami layak untuk berbagi dengan Anda semuanya berkaitan dengan percakapan ini.

"Banyak merek dan organisasi mungkin meminta Anda untuk "Like" mereka di Facebook," kata Christian Sinclair. "Ini benar-benar merupakan pertanda zaman. Bahkan kami meminta Anda untuk melakukan hal yang sama. Tapi tujuan kita mungkin agak berbeda. Kami tidak di dalamnya untuk jumlah, kita melakukan ini untuk keterlibatan pengguna. Sebuah klik dangkal "Like" dapat membuat eksekutif bahagia ketika mereka menunjukkan lebih banyak pengikut dan lebih banyak penggemar, tapi apa yang benar-benar penting adalah apa yang Anda lakukan setelah klik."

"Jangan sampai kita salah, kita ingin klik Anda, tetapi kami akan meminta sedikit lebih dari Anda," lanjut Sinclair di postingannya. "Setelah Anda mengklik "Like" pastikan Anda tetap berada disekitar itu sementara waktu, meninggalkan komentar, mengirimkan tips tentang perencanaan yang memajukan perawatan dalam berita, berbagi apa yang Anda baca di sini dengan teman-teman Anda. Dapatkan semangat orang tentang apa yang benar-benar Anda "Like". Kemudian Anda klik pada tombol "Like" menjadi jauh lebih berharga."

"Like" berarti keterlibatan yang terus menerus. Hal tersebut akan memberikan nilai lebih untuk jangka panjang. Namun, jika Anda mencari kepuasan yang cepat dan berharap konversi cepat, klik tentu berharga, dan klik yang cukup selama "Like" bisa membuat dampak yang signifikan.

"Baik "Like" dan "Click" berharga; itu benar-benar tergantung pada jenis dari hasil yang Anda capai dengan kampanye Anda," kata O'Shaughnessy. "Sebagai contoh, Like jauh lebih penting untuk kampanye yang bekerja untuk menciptakan basis penggemar yang ditargetkan; dalam kampanye di mana merek adalah mencoba untuk mendorong orang untuk mengambil tindakan tertentu baik pada halaman arahan tertentu atau pada tab Facebook, Click menjadi penting. Misalnya pada kampanye mempromosikan produk baru atau acara, Click akan lebih berharga karena mereka mengemudi tindakan yang berharga untuk merek."

"Penelitian usia dan jenis kelamin yang kami lakukan adalah sebuah contoh bagaimana pengetahuan maju SocialCode dari platform Facebook akan memberikan wawasan merek terbaik ke jenis kampanye yang lebih mungkin untuk mendorong tindakan dalam kelompok usia tertentu dan jenis kelamin," katanya.

Jadi, jawaban singkat mana yang lebih berharga antara Like atau Click adalah: itu tergantung. Menetapkan tujuan Anda adalah harapan yang ingin dicapai dengan kampanye, dan tempat usaha Anda yang sesuai. Jika Click adalah tujuan utama Anda, pertimbangkan untuk menguji salinan iklan dan halaman arahan (landing pages) yang berbeda (yang untungnya dapat membantu Anda tetap meningkatkan "Like" Anda juga).

NOTE: Menurut Anda pribadi, mana yang lebih berharga: Like atau Click? Berikan pendapat Anda pada kotak komentar di bawah postingan artikel ini.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Tinggalkanlah komentar menarik Anda di blog ini, Jika Anda merasa artikel pembelajaran ini merupakan jawaban dari permasalahan Anda :D (Please, don't SPAM comment!)

 

Blogroll

Ingin Berkontribusi ?

Belajar Internet Marketing RSS Feed
Creative Commons License
Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Copyright © 2010 - 2012 Blog Pembelajaran Internet Marketing dan Entrepreneurship is proudly powered by UPRIAN.COM - All Rights Reserved
Content on this site is licensed under a Creative Commons Attribution-No Derivative Works 3.0 Unported License | Template by ZoomTemplate
Blog Pembelajaran Internet Marketing dan Entrepreneurship