
Peningkatan Persaingan dengan Google
Pada pembelajaran sebelumnya kita semua sudah mengetahui bahwa Google telah melakukan perluasan terhadap halaman lokasi bisnis sebagai bagian dari program tempat favoritnya. Dalam hal ini, facebook menyertakan link ke halaman bisnis "Facebook Fan Pages". Facebook sudah menjadi pesaing utama dalam hal dimana orang-orang menghabiskan waktu online mereka. Facebook memperluas kehadirannya di seluruh web/blog hanya untuk meningkatkan hal tersebut, dan kemungkinan besar akan memainkan peran besar dalam diversifikasi bagaimana orang mendapatkan informasi lebih... dengan kata lain, mungkin kurang sedikit melakukan kegiatan Googling. Sebagian dari kita bahkan berspekulasi pada kemungkinan besar bahwa suatu hari Facebook bisa menciptakan AdSense itu sendiri, seperti layaknya program AdSende milik Google.
Implikasi untuk Pencarian Lokal
Dalam sebuah artikel yang kami berikan beberapa waktu yang lalu, kita sudah menyentuh pada sebuah gagasan bahwa Facebook memposisikan diri untuk memiliki keberadaan yang lebih besar dalam cara orang mencari informasi di tingkat lokal. Bahkan sebelum pengumuman terbaru Facebook, halaman bisnis telah menjadi cara yang bagus untuk terlibat dengan pelanggan lokal.
Dalam artikel tersebut, kami dirujuk sebuah kutipan dari Search Engine Land kontribusi editor Greg Sterling, yang mengatakan, "Facebook bisa berbuat apa-apa pada khususnya atau bisa membangun paling efektif direktori lokal tunggal dan situs pencarian yang ada. Data ini akan lebih berharga daripada Google atau mitra penerbit individu lokal apapun. Itu termasuk keluhan, YPG atau orang lain yang bergabung dengan Open Graph dan menerapkan alat platform terbaru Facebook ini."
Semua menyukai bisnis lokal yang akan difasilitasi oleh strategi baru Open Graph Facebook yang mungkin lebih difasilitasi oleh sebuah rangsangan atau dorongan. Kita tidak tahu pada saat ini berapa banyak pelaku bisnis (khususnya pelaku bisnis online) mendapatkan ini, tetapi jika ini menjadi meluas, bisa cukup kuat untuk sebuah bisnis, dan mungkin bahkan lebih bagi Facebook itu sendiri.
Apakah Facebook Ingin Mengganti Website?
Telah ada beberapa diskusi akhir-akhir ini tentang kemungkinan Facebook akan membuat Halaman Facebook usang dengan menempatkan tombol "like" di seluruh web/blog dan mengubah tombol "become a fan" di halaman penggemar facebook menjadi "like". Pemikiran di sini adalah, apa gunanya menyukai halaman facebook untuk sebuah merek, bila Anda hanya bisa menyukai situs merek itu? Dan dalam hal itu, kami rasa Facebook memiliki pikiran yang berlawanan.
Seperti yang telah kami bahas sebelumnya berkaitan dengan Halaman Lokasi Google, mungkin mereka lebih suka membuat website usang dan memiliki Halaman Facebook (atau Halaman Lokasi Google pada contoh sebelumnya) mengambil tempat mereka. Jika Facebook ingin menjadi web baru, dan menginginkan tombol "like" menjadi link baru, kenapa mereka tidak ingin menjadi situs baru? Sebuah titik dorongan ke Halaman Facebook.
Pada kenyataannya, para internet marketer atau pelaku bisnis lainnya tidak akan mengorbankan website mereka dalam waktu dekat dan menyerahkan kontrol sepenuhnya ke Facebook. Namun, internet marketer yang bahkan tidak memiliki situs web/blog mungkin menemukan bahwa halaman Facebook sangat mudah untuk didirikan dan dapat menghubungkan mereka dengan seluruh banyak orang (mirip seperti halaman lokasi Google). Pemeliharaannya juga tidak terlalu rumit ketika datang ke halaman Facebook, dan beberapa diantaranya mungkin telah menemukan hal yang menarik dalam dirinya sendiri.
Facebook mungkin memiliki lebih dari 400 juta pengguna dan hal itu merupakan "nilai sebuah penggemar seketika itu juga" atau disebut penggemar instant. Meskipun Google tidak memiliki kekurangan dari sisi pengguna, bahwa konsep "penggemar instant" membawa pengaruh besar. Ketika seseorang mengunjungi sebuah halaman lokasi di Google, mereka dapat menemukan informasi tentang bisnis, PASTI. Tapi jika mereka sudah berada di jalur bisnis, berapa banyak nilai yang benar-benar tidak dimiliki, bila dibandingkan dengan salah satu yang akan menempatkan orang yang pada dasarnya pada bisnis "mailing list" - versi Facebook. Ketika mereka seorang penggemar, Anda dapat berkomunikasi dengan mereka secara langsung.
Facebook mengatakan bahwa internet marketer atau pelaku bisnis lainnya yang mempromosikan halaman facebook mereka di luar cenderung melihat 20% atau lebih mengalami sebuah peningkatan pada sambungan.
-Salam Netpreneur-
N.B. Apakah Facebook pesaing yang layak bagi Google? Beritahu kami apa pendapat Anda tentang hal itu pada kolom komentar di bawah.
0 comments:
Post a Comment
Tinggalkanlah komentar menarik Anda di blog ini, Jika Anda merasa artikel pembelajaran ini merupakan jawaban dari permasalahan Anda :D (Please, don't SPAM comment!)