Blog Pembelajaran Internet Marketing dan Entrepreneurship

Friday, July 1, 2011

Top 5 Keyword Research Tools (Wajib Dimiliki)

Friday, July 1, 2011

Do you like this story and want to share with your friends?

Mencari topik-topik populer yang banyak dibicarakan orang secara online bukanlah hal sulit jika Anda menggunakan tools atau alat peneliti kata kunci (keyword research tools). Selain mempermudah pekerjaan Anda, alat-alat ini berfungsi untuk menentukan target pasar (audiens) dalam menentukan topik yang tepat untuk artikel yang ingin Anda tulis di situs Anda. Berfungsi juga sebagai alat penunjang kegiatan SEO (optimasi situs Anda) untuk mendapatkan perhatian lebih di mata search engine.

Materi pembelajaran kali ini tidak hanya dikhususkan bagi para penulis artikel online sebagai bahan materi "belajar menulis"-nya. Bagi para webmaster, marketer, pemilik bisnis maupun entrepreneur hendaknya juga memperhatikan pembelajaran ini. Toh, apapun itu jika menyangkut pengetahuan wajib untuk kita ketahui!

Keyword Research Tools


Seperti yang kita ketahui bersama, setiap orang menggunakan kata-kata kunci yang berbeda saat mereka memasukkannya pada kotak search engine. Hal ini memiliki sebuah hubungan dengan artikel yang Anda tulis. Jika Anda mengetahui topik-topik apa yang sedang "hot" dibicarakan orang saat ini, maka Anda memerlukan sebuah alat peneliti kata kunci (Keyword Research Tools) untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Alat peneliti kata kunci dapat membantu Anda menemukan topik-topik yang sedang dicari orang terkait dengan keahlian Anda. Gunakan alat ini sebagai batu loncatan Anda untuk memulai menulis artikel terbaru Anda (yang harus memiliki 250-450 kata) dan berhubungan dengan topik potensial para audiens. Hal ini berarti bahwa Anda telah menyediakan artikel yang menjawab setiap pertanyaan pembaca dalam permintaan pencarian mereka pada search engine.

Berikut kami rekomendasikan beberapa keyword research tools terpopuler:
  1. Wordtracker (Berbayar)

    belajar menulis, marketing tools, panduan seo, search engine, keywords, top, wordtracker

    Alat ini berfungsi untuk menghasilkan kata kunci bagi search engine dan optimasi situs. Terdapat beberapa alat untuk melacak kata kunci yang disediakan oleh alat ini, namun sayangnya semuanya tidak gratis.

  2. Keyword Discovery (Berbayar)

    Alat ini berfungsi untuk mengkompilasi statistik kata kunci pencarian dari search engine di seluruh dunia.

  3. Goodkeywords (Berbayar)

    belajar menulis, marketing tools, panduan seo, search engine, keywords, top, Goodkeywords

    Kita akan diminta untuk men-download sebuah freeware untuk mengidentifikasi kata kunci yang baik pada suatu jumlah search engine populer.

  4. Google Alerts (FREE)

    belajar menulis, marketing tools, panduan seo, search engine, keywords, top, Google Alerts

    Saat Anda menggunakan alat ini, Anda akan mendapatkan "update email" dari Google Alerts yang akan memberitahu Anda kata kunci yang relevan berdasarkan topik atau kata kunci pilihan Anda.

  5. Google Suggest (FREE)

    Saat Anda mengetik sebuah kata kunci pada alat ini, Google menawarkan sejumlah saran dan menunjukkan hasilnya. Alat ini adalah search engine Google sendiri yang bisa Anda temukan saat mengetik alamat: http://google.com/.
Seperti yang nampak di sebelah tulisan tools di atas, 3 alat pertama (wordtracker, keyword discovery, dan goodkeywords) merupakan alat berbayar - artinya Anda harus menginvestasikan sejumlah uang untuk dapat menggunakan alat tersebut. Namun jika belum ada "modal" untuk Anda investasikan, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu versi "free trial-nya" sembari menguji keampuhan alat tersebut. Sedangkan untuk Google Alerts dan Google Suggest, Anda bisa menggunakannya secara FREE (gratis). Namun tentu saja yang berbayar merupakan alat yang paling baik sistem kerjanya :)

Kunci wawasan di sini adalah, meskipun Anda mungkin tergoda untuk menulis hanya mengenai topik yang paling populer, perlu Anda ingat juga bahwa topik tersebut memiliki kompetisi bersaing dalam search engine, yang berarti bahwa Anda masih harus berjuang melawan ratusan atau bahkan ribuan pesaing untuk mendapatkan perhatian pasar untuk artikel Anda.

Mungkin strategi yang lebih baik adalah fokus pada "ekor" pasar menengah ke bawah dengan melihat kata kunci ke-50-200 atau frase yang paling populer dari alat peneliti kata kunci yang Anda gunakan dan menggunakannya sebagai dasar untuk memperbaiki penulisan artikel Anda selanjutnya. Akan ada sedikit kompetisi untuk "ekor panjang" daripada daftar singkat istilah-istilah terpopuler dan frase kunci.

Satu tips dari kami: Lihatlah bagaimana kata kunci pada niche market Anda dapat berpengaruh pada hari libur atau peristiwa populer yang terjadi saat ini. Ini merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan keuntungan traffic web/blog Anda saat ini!

5 comments:

faisal muchtar said...

widih ... makasih infonya gan...nIce artikel..

I-one said...

wah..baru tau rahasianya...

Lapak Korek said...

Terimakasih @teaterpelangi, juga bagi @I-one :)

Unknown said...

mantab gan...thx
tukangkaosoblong.blogspot.com

Unknown said...

keren, dapet ilmu baru nih! makasih min.
kunjungi juga ya http://blognyagakasik.blogspot.com/

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Tinggalkanlah komentar menarik Anda di blog ini, Jika Anda merasa artikel pembelajaran ini merupakan jawaban dari permasalahan Anda :D (Please, don't SPAM comment!)

 

Blogroll

Ingin Berkontribusi ?

Belajar Internet Marketing RSS Feed
Creative Commons License
Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Copyright © 2010 - 2012 Blog Pembelajaran Internet Marketing dan Entrepreneurship is proudly powered by UPRIAN.COM - All Rights Reserved
Content on this site is licensed under a Creative Commons Attribution-No Derivative Works 3.0 Unported License | Template by ZoomTemplate
Blog Pembelajaran Internet Marketing dan Entrepreneurship