
Sebelumnya sudah uprian bahas tentang tips pemasaran efektif melalui facebook serta trik dan tips bagaimana Anda menggunakan twitter untuk keperluan bisnis Anda. Semuanya terfokus pada satu tujuan, yakni "memanfaatkan" situs jejaring sosial tersebut sebagai "tools" / alat penunjang bisnis Anda.
Perlu Anda ketahui bahwasannya saat ini situs jejaring sosial seperti facebook maupun twitter "sangat peka" terhadap prinsip-prinsip kompetisi dan iklan, sehingga dibalik dari kebangkitan ini datang sebuah popularitas dan penggunaan teknik-teknik dan prinsip-prinsip Social Media SEO. Jika Anda belum paham mengenai SEO (Search Engine Optimization), silahkan pelajari pembelajaran kami sebelumnya tentang pengetahuan dasar SEO di sini.
Dalam hal ini, search engine menilai semua situs web/blog berdasarkan kriteria internal mereka, dan hal ini juga termasuk pada halaman situs jejaring sosial seperti facebook. Dengan adanya pemikiran tersebut, hendaknya kita dapat mempertimbangkan lima metode kunci sukses yang Anda butuhkan berikut ini, dalam menerapkan beberapa teknik SEO ke halaman facebook dalam rangka mendorong minat pengguna facebook lainnya yang terhubung dengan Anda.
Metode 1 : Hormati Pendengar Anda
Facebook merupakan bentuk situs jejaring sosial yang komplit dan terhubung ke hampir semua jenis situs web yang ada di internet. Menjalin hubungan baik antara Anda dan pendengar/pengikut Anda merupakan "cara terbaik" untuk dapat terus menjalin sebuah hubungan yang "langgeng". Anda harus bisa memberikan berita-berita terbaru yang menarik yang secara langsung terjadi pada diri Anda sendiri. Meskipun demikian bisa saja Anda memposting status tentang pengalaman buruk Anda, sehingga orang lain merasa dapat membantu permasalahan Anda tersebut. Dengan kata lain, penerapan metode ini merupakan cara bagaimana Anda bisa membuat para pendengar Anda memperhatikan Anda, dan ikut berpartisipasi dalam setiap moment yang Anda posting dalam status facebook Anda.
Sebaliknya, Anda juga bisa berfokus pada kegiatan promosi yang menarik serta penjualan non-materi pada status halaman facebook Anda. Komentar pada perkembangan menarik, atau menjelaskan sudut pribadi dari salah satu karyawan Anda yang membantu orang lain untuk berhubungan dengan organisasi/perusahaan Anda. Beberapa situs terbaik mungkin menggunakan halaman facebook sebagai bentuk pengambilan sebuah keuntungan dari kesempatan untuk berkomunikasi dan membuat orang lain tertarik, daripada harus terus "memborbardir" pemasangan promosi pada halaman facebook-nya.
Metode 2 : Mengidentifikasi dan Penggunaan Kata Kunci Anda
Mesin pencari mampu memberikan listing yang lebih tepat berdasarkan penggunaan kata kunci yang efektif, dan penempatan yang baik dalam pencarian kembali sering tergantung pada bagaimana kata kunci yang berhubungan dengan pencarian yang dilakukan pengguna facebook.
Memerlukan beberapa penelitian dalam penggunaan kata kunci ini. Ini bukanlah semata-mata masalah memasukkan semua kata kunci dalam setiap percakapan Anda, tetapi hal tersebut akan membuat web/blog Anda masuk dalam "black list" / daftar hitam atau mempenalti Anda dalam peringkat mereka. LUANGKAN WAKTU untuk benar-benar mengkaji kata kunci yang tepat untuk bisnis Anda, dan kemudian Anda bisa melakukan riset penggunaan kata kunci kegiatan yang terkait dengan bisnis Anda tersebut. Pilihlah kata kunci yang benar-benar paling relevan dengan bisnis Anda atau topik pembicaraan Anda, dan sebisa mungkin buatlah web/blog lainnya melakukan backlink ke web/blog Anda secara alami.
Namun, penggunaan kata kunci tidak selalu membutuhkan fokus pada konten dan bagian penulisan. Profile facebook Anda harus dapat mencakup "tentang" bagian ini. Tujuan Anda memasukkan kata kunci di sini merupakan ide yang baik tetapi harus tetap ringkas, dan Anda harus ingat juga bahwa memasukkan lebih dari dua atau tiga kata kunci bisa menimbulkan dampak dari pesan Anda. Entah apa dampak itu, tapi yang jelas akan mempengaruhi tingkat popularitas profil facebook Anda.
Metode 3 : Jangan Lupakan Feedback
Hal yang menarik dari halaman Facebook Anda adalah bahwa konten web/blog perusahaan Anda dapat tersimpan di dalam halaman facebook. Hal ini menempatkan konten Anda di dua tempat berbeda pada sebuah situs, yang berpotensi dapat menerima penggandaan cakupan Anda selama proses pencarian situs terjadi. Ambil keuntungan dari itu dengan mengingatkan para pembaca Anda untuk memberikan link dari setiap situs untuk situs yang lain. Homepage perusahaan Anda harus dikaitkan dari profil facebook Anda, dan begitu juga sebaliknya. Hal ini akan meningkatkan traffic / lalu lintas untuk setiap situs dengan membawa pengunjung dari situs lain, dan membutuhkan waktu kurang dari satu menit untuk menerapkan metode ini.
Metode 4 : Memanfaatkan Multi Media Content
Menggunakan konten multi media merupakan pemasaran yang umum dilakukan saat ini. Mungkin masih kurang signifikan dapat diterima untuk konten video dalam kegiatan online sepuluh atau bahkan lima tahun yang lalu, tetapi biaya koneksi broadband modern pelanggan kurang dari koneksi dialup yang pertama, dan jumlah yang luar biasa dapat menyalurkan video dan audio ke dalam profil facebook Anda.
Mengingat sifat sosial facebook, ini merupakan halaman yang sesuai untuk memasukkan konten “terkait” ke usaha yang tidak sepenuhnya relevan dalam arti normal. Pertimbangkan sebuah situs yang terfokus pada perawatan hewan dan produk terkait misalnya. Alih-alih mengikat dalam penjualan video, mereka lebih memilih posting video terbaru tentang anak kucing manis dari salah satu dari banyak situs yang membicarakan kucing di Internet. Tag itu dengan kata kunci yang terkait dengan fokus Anda dengan segala cara, tetapi kuncinya di sini adalah untuk memberi orang alasan tambahan untuk mengunjungi situs Anda dan membantu mendorong popularitas halaman facebook Anda.
Metode 5 : Belajar Dari yang Terbaik
Seorang penulis pernah berkomentar, "bahwa setiap cerita yang baik sudah ditulis dan yang tersisa bagi penulis lainnya adalah untuk mengutip kembali tulisan yang baik itu secara bijaksana." Jika ada satu hal dalam internet yang baik untuk bisa Anda lakukan, maka informasi tentang hal itu akan bermunculan secara berlebihan dan itu pun ada yang gratis. Lihatlah situs facebook yang populer dan catat apa yang telah mereka lakukan. Dalam hal ini Anda tidak berada dalam sebuah gagasan, melainkan berada dalam sebuah jaringan ide dan interaksi. Pertimbangkan untuk mengadopsi beberapa pendekatan yang berbeda yang dapat membuat orang lain melakukan apa yang Anda lakukan, atau Anda dapat menempatkan cerita Anda pada mereka untuk kesuksesan mereka. Jalankan kreativitas Anda pada banyak situs yang Anda miliki, sehingga Anda merasa bebas untuk bereksperimen terhadap apa yang telah Anda lakukan.
Demikian untuk pembelajaran kali ini tentang bagaimana menerepkan teknik SEO ke halaman facebook. Selanjutnya uprian sangat berharap bagi Anda pengguna facebook yang saat ini hanya memanfaatkannya sebagai aktifitas online semata tanpa menghasilkan sesuatu yang lebih besar dibandingkan pertemanan, maka segeralah ambil LANGKAH CEPAT untuk memulai memonetize facebook Anda.
Bukannya tidak mungkin, dengan menerapkan teknik SEO ini Anda akan mendapatkan facebook Anda menjadi salah satu "sumber pemasukan" Anda diantara sekian banyak bisnis online yang Anda kerjakan, dan tentu saja dapat memberikan manfaat besar dalam memajukan perusahaan Anda.
-Salam Netpreneur-
2 comments:
Luar biasa, artikelnya mantap banget pak, bisa nambah ilmu saya tentang SEO, tapi tetap aja saya ndak ngerti2..hehe masih newbie banget nih, mudah2n saya bisa dapetin banyak ilmu di sini. numpang belajar ya pak…
Terimakasih jg bwt neng novie... Silahkan pelajari support system yg kami berkan dlm blog ini. Smua org dilahirkan u/ belajar, belajar,& trs belajar!!! ^_^'
Post a Comment
Tinggalkanlah komentar menarik Anda di blog ini, Jika Anda merasa artikel pembelajaran ini merupakan jawaban dari permasalahan Anda :D (Please, don't SPAM comment!)