Blog Pembelajaran Internet Marketing dan Entrepreneurship

Tuesday, March 30, 2010

Mana Lebih Baik, Social Marketing atau SEM?

Tuesday, March 30, 2010

Do you like this story and want to share with your friends?

Blog Pembelajaran Bisnis Internet Marketing, Pengetahuan Dasar, Panduan SEO, Strategi Promosi, Social Marketing, SEMAda banyak metode yang bisa Anda gunakan dalam memasarkan web/blog bisnis online Anda, namun bagi kebanyakan pemilik bisnis online nampaknya ada sedikit kebingungan antara penerapan strategi Search Engine Marketing (SEM) untuk membangun link dengan apa yang disebut sebagai Pemasaran Sosial / Social Marketing. Namun terpenting dari itu semua adalah pengetahuan dasar tentang bagaimana Anda bisa mengetahui tujuan dari masing-masing strategi pemasaran tersebut.

Berbeda dengan pemasaran Web SEO dan tentu saja perusahaan akan menggunakan metodologi yang berbeda untuk mempromosikan situs mereka dan lebih sering melakukannya daripada tidak mendapatkan apa yang mereka bayar untuk setiap hal yang mereka bicarakan. Sama halnya seperti "terlibat" dalam perdebatan strategi kampanye yang bisa berlangsung berbulan-bulan, tapi tujuan dari pembelajaran kali ini adalah berupa pengetahuan dasar yang harus Anda pahami untuk menyoroti perbedaan kunci dan tujuan dari setiap jenis kampanye apa pun yang tidak harus berisi iklan promosi.

Search Engine Marketing (SEM)

Biasanya tujuan dari iklan kampanye pemasaran mesin pencari (SEM) adalah untuk mengembangkan kata kunci yang relevan dan bertarget ke halaman tertentu di situs Web Anda untuk meningkatkan link dan otoritas situs Anda di mata mesin pencari. Tentu saja hal itu ditujukan untuk meningkatkan pagerank atau peringkat web/blog Anda dan untuk memastikan web/blog "dikenal" dalam mesin pencari untuk frase kunci tertentu Anda yang paling menarik pada peringkat teratas.

Tingkat rendah atau murahnya layanan "link builder" juga termasuk dalam jenis artikel pemasaran serta distribusi konten dan direktori pengiriman, walaupun pada umumnya praktisi SEO yang paling profesional mungkin akan menolak pengajuan direktori link ini sebagai kualitas yang terbaik dan kadang-kadang juga meragukan. Tingkat rendah atau murahnya layanan "link builder" juga dapat mengambil keuntungan dari apa yang telah kita kenal bersama sebagai situs jejaring sosial, biasanya hal tersebut berupa blog dan properti Web 2.0, serta forum posting yang hanya untuk kepentingan menyangkut link juga termasuk dalam kategori ini.

Anggaran layanan kualitas "link builder" bervariasi, walaupun hal tersebut sering tidak berkesinambungan, seperti pada banyak kasus terutama dalam waktu yang kurang kompetitif atau berada dalam "niche market" yang sangat ketat. Mereka memang dapat membuktikannya secara efektif dan sering melakukan semua hal yang diperlukan untuk menentukan peringkat sebuah situs menjadi lebih baik.

Pemasaran Sosial / Social Marketing

Iklan Kampanye pada pemasaran sosial sangat berbeda dengan mesin pencari meskipun dalam banyak kasus yang terjadi ada kampanye pemasaran yang menjadi penghubung antara iklan dengan web/blog. Kampanye pemasaran sosial sejatinya jauh lebih difokuskan untuk menghasilkan penjualan dan "pengenalan merek" serta memenuhi pasar yang ditargetkan ke halaman web/blog pribadi mereka.

Bukan hanya itu saja, pemasaran sosial umumnya juga jauh difokuskan agar supaya para pendengar mereka bisa melakukan timbal balik berupa backlink secara langsung ke web/blog mereka. Kualitas kampanye pada pemasaran sosial umumnya jauh lebih tinggi dalam usaha mencapai tingkat keberhasilan pemasangan iklan dan juga membutuhkan sejumlah perencanaan dan persiapan yang matang. Biasanya kampanye pemasaran sosial akan mengambil keuntungan yang utama dan sangat difokuskan pada properti Web 2.0 dan situs jejaring sosial bisnis seperti facebook, MySpace, twitter, dan sejenisnya, serta situs web pelengkap lainnya dan situs sosial bookmarks seperti StumbleUpon, Digg , Reddit dan Del.icio.us.

Tujuan dari kampanye pemasaran sosial yang baik secara khusus bukan untuk mengembangkan backlink suatu web/blog (meskipun hal ini akan terjadi), tetapi untuk mengembangkan kesadaran merek atau bisnis dalam "marketplace" sesuai dengan tempat produk atau jasa yang Anda tetapkan atau kapan perusahaan Anda akan menyuplai suatu produk. Hal ini juga untuk membuat Anda atau perusahaan Anda sebagai layaknya sebuah otoritas industri, atau bahkan sebuah bisnis yang dapat membantu orang lain memecahkan masalah mereka sendiri atau masalah-masalah bisnis penting lainnya dengan diimbangi kualitas penyediaan barang dan jasa.

KELEMAHAN DARI SOCIAL MARKETING

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwasannya banyak keuntungan yang dapat kita rasakan dalam memanfaatkan situs jejaring sosial dalam strategi marketing kita. Namun Anda harus sadar bahwa ada sejumlah kerugian yang harus Anda "bayar" untuk hal itu.

Kelemahan utama kampanye pemasaran sosial adalah semata-mata jumlah waktu dan pekerjaan yang perlu Anda "pelihara" untuk mengembangkan otoritas bisnis atau profil Anda di banyak situs lainnya. Jenis promosi ini sangat "hands-on" dan melibatkan jaringan sosial yang berkelanjutan dan promosi bisnis atau merek secara santun serta konten relevan yang berguna / bermanfaat, baik untuk publikasi umum atau untuk posting di web/blog Anda sebagai informasi kualitas halaman atau posting blog. Atau sebagai konten yang dipublikasikan untuk situs pelengkap lainnya yang tidak bersaing secara langsung dengan Anda.

Mungkin misalnya bahwa Anda ingin mengembangkan profil di forum yang relevan dengan pasar yang sedang Anda coba untuk ditembus dengan kualitas posting yang bermanfaat dan berisi beberapa nasihat (bukan hanya link posting). Tetapi jika Anda tidak selalu "up-to-date" mempublikasikannya maka bersiaplah untuk cepat kehilangan marketplace Anda dan dengan demikian secara tidak langsung juga akan menghilangkan kepopularitasan kegiatan online Anda.

Kebanyakan pelaku bisnis internet marketing dalam mengejar kampanye pemasaran sosial sebagai strategi yang berkelanjutan, akan menghabiskan sedikitnya 10-20 jam ditambah seminggu dalam satu atau banyak jenis strategi. Biasanya hal tersebut dilakukan di rumah baik oleh pemilik bisnis ataupun orang pemasaran, terutama karena mereka memiliki produk bisnis atau keahlian jasa internal untuk mempertahankan fokus jangka panjang dan menghasilkan konten berkualitas.

Lalu Strategi Promosi Apa yang tepat bagi Bisnis Anda?

Strategi yang benar atau yang paling sukses diperlukan untuk setiap bisnis akan sangat bervariasi. Itulah mengapa bahkan seorang profesional SEO sekalipun tidak akan melakukan kampanye pemasaran web/blog tanpa bentuk konsultasi awal atau penilaian pasar yang kompetitif.

Jika suatu waktu salah satu aset atau anggaran Anda terbatas, maka Search Engine Marketing merupakan strategi yang bisa Anda pilih, tetapi jika Anda berada dalam pasar yang kompetitif dan serius tentang bisni online Anda, maka itu sama sekali tidak masuk akal untuk menebak kedua kebutuhan bisnis Anda (Social Marketing dan SEM). Bahkan Anda bisa menggunakan jasa seorang konsultan SEO jika hanya untuk konsultasi awal sebagai saran mengenai keperluan web/blog bisnis Anda, dan itu akan sangat bermanfaat bagi kesuksesan bisnis online Anda.

Ok, semoga pembelajaran yang uprian berikan kali ini bermanfaat bagi kegiatan bisnis internet marketing Anda. Dan saran terbaik yang bisa uprian berikan adalah "belajarlah pada seorang profesional SEO" (karena uprian bukanlah seorang profesional SEO) jika Anda menginginkan perkembangan yang cepat dalam bisnis online Anda. Salah satunya yang dapat uprian referensikan untuk Anda adalah Dave Talbot - SEO consultant dan jasa link builder. Anda bisa mengunjunginya di: www.advancedwebmarketing.co.uk

-Salam Netpreneur-

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Tinggalkanlah komentar menarik Anda di blog ini, Jika Anda merasa artikel pembelajaran ini merupakan jawaban dari permasalahan Anda :D (Please, don't SPAM comment!)

 

Blogroll

Ingin Berkontribusi ?

Belajar Internet Marketing RSS Feed
Creative Commons License
Bloggers - Meet Millions of Bloggers

Copyright © 2010 - 2012 Blog Pembelajaran Internet Marketing dan Entrepreneurship is proudly powered by UPRIAN.COM - All Rights Reserved
Content on this site is licensed under a Creative Commons Attribution-No Derivative Works 3.0 Unported License | Template by ZoomTemplate
Blog Pembelajaran Internet Marketing dan Entrepreneurship