
Namun ini bukanlah pemasaran yang bisa Anda lakukan dalam waktu semalam saja, dibutuhkan waktu untuk membangunnya. Dan jika dilakukan dengan benar, Anda dapat menggunakan situs jejaring sosial untuk mengarahkan orang lain ke web/blog bisnis Anda.
Setelah membangun web/blog yang luar biasa, sekarang saatnya untuk membangun sebuah komunitas dengan membuat sebuah "Facebook Fan Pages" atau "Halaman Penggemar Facebook" untuk bisnis Anda. Namun Sebelum Anda memikirkan hal itu, ijinkan uprian meyakinkan Anda bahwa sangatlah mudah untuk memulai membangun sebuah halaman penggemar facebook untuk bisnis Anda. Penjelasan yang uprian berikan ini berisi tutorial singkat bagaimana Anda bisa membangun sebuah halaman penggemar facebook untuk produk bisnis Anda sendiri, jadi silahkan Anda pahami dan tentu saja: "LAKUKAN SAJA".
Hal Pertama yang Anda butuhkan untuk menciptakan sebuah halaman penggemar facebook adalah halaman "profil pribadi" Anda. Jika Anda masih belum meliki halaman profil diri Anda di facebook, jangan ragu-ragu untuk membuatnya sekarang. Pergi ke: www.facebook.com dan masukkan informasi pribadi mengenai diri Anda untuk memulainya dan silahkan Anda ikuti setiap langkah-langkahnya, mudah kok:). Mungkin kegiatan ini hanya memerlukan waktu sekitar 10-15 menit. Setelah Anda membuat pengaturan untuk profil pribadi Anda, luangkan waktu beberapa menit untuk "menjelajah" facebook dan beberapa aplikasi yang mungkin Anda temukan. Kemudian langsung berhubungan dengan teman-teman Anda lainnya, Anda bisa mulai mencari teman Anda dengan mengetikkan nama teman Anda pada mesin pencari facebook (jika sesuai dengan nama pengguna atau alamat email teman Anda maka Anda bisa langsung menemukannya), take easy it!
Tutorial Singkat dan Penting tentang Bagaimana Membuat Halaman Penggemar Facebook :
Setelah Anda Login di : www.facebook.com, arahkan mouse Anda pada bagian sebelah kiri halaman dan klik "iklan", kemudian klik "pages". Perlu Anda perhatikan bahwasannya ada beberapa informasi penting mengenai halaman penggemar yang perlu Anda ketahui, jadi silahkan luangkan waktu Anda untuk membaca setiap informasi yang ada dan ketika Anda telah siap untuk membuatnya klik "Buat Halaman". Dalam proses pengaturan untuk halaman penggemar ini, Anda harus ingat bahwa dalam setiap produk dan pemasaran penting untuk "mengkategorikan" bisnis Anda di area yang tepat untuk membantu orang menemukan Anda. Jadi pilihlah kategori yang tepat sesuai dengan produk bisnis Anda secara seksama.
Salah satu keistimewaan facebook adalah "kemudahan mangatur tombol navigasi". Dari tombol navigasi itulah Anda akan dibimbing hingga halaman penggemar Anda berhasil dibuat. Oleh karena itu dalam pembelaaran kali ini uprian tidak lagi menunjukkan setiap langkah-langkahnya, uprian hanya akan menjelaskan beberapa hal penting dalam proses pembuatan halaman penggemar facebook untuk bisnis Anda.
- Foto untuk Halaman Penggemar Anda
Sebelum membuat halaman penggemar Anda, pastikan Anda memiliki foto yang "sempurna" untuk halaman penggemar Anda. Dan saran terbaik untuk foto halaman penggemar Anda adalah "Logo Bisnis" Anda sendiri. Namun bisa saja Anda menggunakan foto lainnya, seperti merek produk Anda atau hanya sekedar nama perusahaan Anda. Namun Anda harus membuatnya "semenarik" mungkin agar setiap orang mampu mengenal dan tertarik dengan halaman penggemar Anda. - Tulis Sesuatu tentang Gambaran Perusahaan Anda
Lihat kotak kecil di bawah foto halaman penggemar Anda tersebut, disitu mengatakan "Tulis Sesuatu Tentang Perusahaan Anda". Hal ini sangat penting karena ini adalah salah satu item yang dapat dilihat pada setiap tab halaman penggemar. Ini adalah deskripsi singkat mengenai perusahaan Anda dalam 250 karakter atau kurang. Pastikan untuk menyertakan link ke blog/web Anda di halaman tersebut. Dan agar link Anda bisa diklik, jangan lupa untuk menyertakan "http://" sebelum www, contohnya: http://www.uprian.com. (Catatan: pernyataan ini dapat Anda ubah setiap saat, sehingga tab ini adalah tempat yang tepat untuk menyoroti promosi atau kejadian penting lainnya untuk perusahaan Anda). - Pengaturan Dinding
Alat penting lainnya dalam mengatur halaman penggemar Anda adalah pengaturan dinding. Anda harus memutuskan apakah Anda ingin pengunjung untuk dapat memposting pesan bagi semua orang untuk melihat atau jika Anda hanya ingin pesan Anda saja yang ditampilkan. Namun uprian sarankan sebaiknya Anda mulai dengan membiarkan semua pesan ditampilkan di halaman utama. Ini akan membantu Anda membangun halaman penggemar Anda lebih cepat karena orang lain akan bisa lebih mudah melihat dan membaca setiap pesan yang diposting dalam halaman penggemar Anda. (Anda akan menemukan "pengaturan dinding" di bawah "Edit halaman").
LANGKAH SELANJUTNYA yang harus Anda lakukan adalah mulai memperkenalkan halam penggemar tersebut kepada teman-teman / rekanan Anda di facebook. Penting bagi Anda untuk membiarkan orang lain tahu tentang halaman penggemar Anda. Anda bisa mulai mempromosikan halaman penggemar Anda dengan meng-klik link "sarankan kepada teman" yang berada di bawah foto halaman penggemar Anda. Anda bisa memulai mengundang dengan memilih rekanan terbaik Anda atau bahkan Anda bisa mengundang seluruh teman di profil pribadi facebook Anda.
Setelah Anda memiliki halaman penggemar untuk bisnis Anda dan telah menyarankannya kepada semua teman Anda, lalu apa yang harus Anda lakukan?
Sekaranglah saatnya untuk memulai pekerjaan yang sesungguhnya. Seperti yang selalu uprian katakan pada Anda bahwa "kegiatan pemasaran membutuhkan waktu dan perhatian". Anda tidak bisa hanya mengatur halaman ini dan berharap orang menemukan Anda. Jika halaman Anda tersebut tidak ada yang menarik minat seseorang, tidak ada seorang pun yang akan menjadi seorang penggemar. "Social media is fun", begitu juga dengan halaman penggemar Anda. Postinglah hal-hal menarik mengenai bisnis Anda, tetapi jangan takut untuk memposting sesuatu yang menyenangkan nan menarik di luar topik bisnis Anda. Anda bisa mencoba memposting pertanyaan-pertanyaan terbuka (untuk memikat tanggapan dari penggemar) seperti "Apa situs favorit Anda?", "Apa yang Anda rencanakan untuk libur akhir pekan ini?", dan sebagainya... se-kreatif Anda :).
Memposting sebuah link dan/ atau gambar juga merupakan cara terbaik untuk membuat orang lain tertarik, hal itu akan lebih menarik secara visual sehingga orang lebih cenderung memperhatikannya. Posting link ke web/blog memiliki "added value" yang dapat mendorong seseorang megunjungi web/blog Anda untuk mengetahui lebih lanjut tentang informasi yang Anda berikan. Cobalah posting di halaman penggemar Anda setiap kali Anda memperbarui blog Anda. Atau Anda bisa menggunakan sebuah "marketing tools" yang secara otomatis akan mengirimkan setiap pembaruan pada web/blog Anda ke halaman penggemar Anda tersebut. Alat ini sudah tersedia pada halaman penggemar Anda, Anda bisa melihat tutorial penggunaannya pada artikel sebelumnya di sini tentang "tools" tersebut.
INGAT! Alasan terpenting bagi Anda dengan memiliki halaman penggemar facebook adalah untuk menggunakannya sebagai strategi promosi bisnis Anda. Setelah Anda melakukan semuanya di awal, Anda akan menyadari bahwa ada banyak lagi hal yang dapat ditambahkan ke halaman penggemar seperti menyesuaikan aplikasi lainnya, yang menghubungkan halaman penggemar untuk feed twitter Anda misalnya, dan banyak lagi hal lainnya. Namun Anda tidak dapat melakukan salah satu dari hal-hal yang "mewah" tersebut hingga Anda memulainya dengan hal-hal yang mendasar terlebih dahulu. Jadi untuk permulaan, buatlah halaman penggemar Anda sekarang dan mulai membangun penggemar Anda. Oh iya, jangan lupa untuk menyertakan link baru di situs web/blog Anda untuk membiarkan orang tahu bahwa mereka dapat menjadi seorang penggemar di Facebook.
Ok, sekian untuk pembelajaran kali ini tentang bagaimana Anda dapat menggunakan facebook sebagai strategi promosi untuk bisnis Anda melalui halaman penggemar facebook. Janga lupa juga untuk menjadi penggemar upriandotcom di facebook dengan menuju ke link ini: http://www.facebook.com/pages/upriandotcom/201832324820. Atau Anda bisa menjadi penggemar dengan meng-klik tombol "jadi penggemar" pada widget halaman penggemar upriandotcom yang terletak di akhir halaman blog ini tanpa menuju halaman facebook. :).
Semoga pembelajaran kali ini benar-benar memberikan manfaat bagi perjalanan kesuksesan bisnis online Anda.
-Salam Netpreneur-
0 comments:
Post a Comment
Tinggalkanlah komentar menarik Anda di blog ini, Jika Anda merasa artikel pembelajaran ini merupakan jawaban dari permasalahan Anda :D (Please, don't SPAM comment!)