
Stratei promosi melalui direct email marketing merupakan salah satu promosi yang bisa langsung mengenai target market Anda. Iklan atau email marketing Anda akan langsung masuk ke inbox setiap orang yang di tuju. Anda hanya perlu membuat "sales letter" yang baik jika Anda melakukan promosi dengan metode ini. Terdapat berbagai cara untuk memperoleh alamat email yang merupakan target market Anda. Cara yang TIDAK uprian rekomendasikan adalah dengan pengumpulan alamat email dengan bantuan software (terdapat software yang bisa mendownload alamat email dari suatu web/blog). Ada beberapa cara untuk memperoleh alamat email yang akan Anda jadikan sasaran market Anda. Yang paling mudah adalah dengan mencarinya di situs-situs iklan baris/iklan mini.
Caranya, cari alamat email pemasang iklan yang mempunyai kesamaan dengan web/blog atau produk bisnis online Anda. Kemudian, jika Anda mengiriminya dengan email promosi Anda, maka Anda harus mengatakan pada isi pesan Anda bahwa "Anda tertarik dengan iklan yang ia tawarkan dan berniat berbagi peluang dengannya", dan ingat bahwa email tersebut hanya dikirim SATU KALI saja. Artinya, Anda jangan mengiriminya dengan email kedua dan seterusnya. Sedangkan cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mencari alamat email adalah bisa melalui milis atau newsgroups. Perlu Anda ingat juga bahwa strategi promosi direct email marketing dengan jalan mencari alamat email lalu mengiriminya dengan email promosi adalah cara promosi yang bisa Anda lakukan tapi tidak uprian anjurkan.
Jika Anda mempunyai daftar alamat email dan "terpaksa" ingin mengirim email promosi pada pemilik alamat-alamat tersebut, Anda "boleh" saja mengirimi mereka email promosi dengan "syarat" berikut agar Anda tidak di tuduh melakukan SPAM :
- Penulisan bahasa email promosi Anda haruslah menggunakan bahasa yang sopan, singkat dan tidak bertele-tele.
- Karena Anda tidak kenal dengan pemilik alamat email tersebut, sampaikan dulu permintaan maaf karena Anda telah mengiriminya email dan katakan kalau Anda hanya ingin sekedar berbagi informasi. Jika pihak penerima email membalas dan menanggapi dengan baik, Anda masih bisa mengiriminya email kedua dan seterusnya. Tapi jika penerima email tidak memberikan tanggapan atau justru marah-marah maka Anda tidak boleh mengiriminya email lagi.
Cara tersebut sangat AMAN dan EFEKTIF untuk promosi. Untuk itu perusahaan tersebut memungut sejumlah biaya. Beberapa situs yg menawarkan paket ini misalnya adalah www.networker-indonesia.com. Situs ini memiliki jumlah subcriber yang cukup besar dan melakukan pengiriman email newsletter secara berkala. Anda bisa "menitipkan" Iklan Anda sehingga bisa di baca oleh para subcribernya.
-Salam Netpreneur-
0 comments:
Post a Comment
Tinggalkanlah komentar menarik Anda di blog ini, Jika Anda merasa artikel pembelajaran ini merupakan jawaban dari permasalahan Anda :D (Please, don't SPAM comment!)